PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PUSKESMAS KOTAGEDE 2

  • Hari Kurniawan
Keywords: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) mempunyai tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di satu atau sebagian wilayah kecamatan, dituntutan untuk dapat memahami kebutuhan konsumen. Bentuk pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas kepada pasien, akan memunculkan respon yang berupa penilaian pasien terhadap Puskesmas atas pelayanan kesehatan yang telah diterima oleh pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari : tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kotegede 2 Yogyakarta, serta mengetahui variabel kualitas pelayanan yang dominan mempengaruhi kepuasan pasien. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan nilai F-hitung dari semua variabel bebas (tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy) sebesar 7,941 > F Tabel 3,33, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Berarti semua variabel bebas (tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy) mempunyai pengaruh yang signifikan/berarti secara stimultan terhadap variabel terikat (kepuasan pasien rawat jalan). Dari kelima variabel bebas yang digunakan, yang memberikan pengaruh yang dominan adalah variabel Emphaty dengan koefisien regresinya sebesar 0,266.

Published
2021-10-29